Cara Membuat Bolu Kukus

Cara Membuat Bolu kukus adalah merupakan salah satu kue basah tradisional khas dari indonesia, semua orang menyukai bolu kukus sehingga banyak yang mencari dan juga mencoba resep cara membuat bolu kukus. Kue bolu sudah merakyat di sebagian masyarakat indonesia dari sabang sampai merauke, kue bolu kukus selalu banyak macamnya sehingga banyak di cari.

Cara Membuat Bolu Kukus

Berikut ini beberapa macam cara membuat kue bolu kukus yang sangat bervariasi, bunda bisa mencoba satu persatu dari resep masakan cara membuat bolu kukus yang admin bagikan di postingan pada kali ini. Cara bikin bolu kukus kali ini admin bagikan ada beberapa macam seperti bolu kukus sprite, bolu kukus santan, bolu kukus pelangi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang

Bolu kukus pisang yang sederhana cara membuatnya ini bisa bunda coba untuk mengasah kemampuan membuat kue bolu kukus agar semakin mahir dalam membuat kue bolu kukus, sanga mudah untuk dibuat namu hasilnya tetap enak di lidah. Berikut ini resep dan cara membuat bolu kukus pisang yang enak :

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang

Bahan Membuat Bolu Kukus Pisang :

  • Buah pisang 3 biji dengan ukuran yang sedang
  • Tepung terigu serba guna 150 Gram
  • Minyak goreng 150 Gram
  • Telur 2 butir
  • Gula pasir 6 sendok makan
  • Soda kue 1/2 sendok teh
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • vanili bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Secukupnya Gula halus

Cara membuat bolu pisang kukus sederhana :

  1. Lumatkan pisang bersama garpu. Tidak mesti sampai halus untuk menjaga tekstur.
  2. Kocok telur dan gula sampai mengembang.
  3. Masukanlah pisang yang sudah bunda lumatkan tadi ke dalam kocokan telur kemudian tambahkanlah minyak goreng, dan kemudian aduklah sampai tercampur secara merata.
  4. Ayaklah tepung terigu bersama soda kue, baking powder, bubuk vanili, dan juga garam.
  5. Masukkanlah sedikit demi sedikit kedalam adonan telur dan juga pisang.
  6. Aduklah lipat bersama dengan spatula layaknya mengaduk adonan semen agar hasil akhir kue tidak bantat.
  7. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng. Tuang adonan ke di dalam loyang, sesudah itu ketuk-ketuk agar permukaannya rata.
  8. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan, sesudah itu masak adonan bolu pisang bersama api tengah sepanjang 30 menit. Bungkus penutup kukusan bersama kain agar uap air tidak menetes ke adonan kue.
  9. Tusuk kue bersama lidi untuk meyakinkan kematangannya. Apabila sudah benar-benar matang, angkatlah dari kukusan dan menunggu sampai mendingin.
  10. Keluarkan bolu pisang dari loyang. Taburi gula halus, sesudah itu sajikan utuh atau di dalam kondisi terpotong-potong.

Resep Bolu Kukus Sprite

Resep bolu kukus sprite ini sanggup Bunda coba dan praktek-kan. Bahan dan cara pembuatan-nya sangatlah mudah.

Ada teknik-teknik tertentu yang dapat kami bagikan sehingga bolu Bunda dapat menjadi mekar dan tampil menarik. Untuk warna bolunya silahkan diseseuaikan dengan keinginan bunda sendiri.

Resep Bolu Kukus Sprite

Bahan Membuat Bolu Kukus Sprite :

  • Tepung terigu segitiga biru sebanyak 275 gram
  • 200 ml sprite atau air soda tawar
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Emulsifier sebanyak 2 sendok makan
  • Vanili essens sebanyak ½ sendok teh
  • Pewarna makanan beberapa warna secukupnya

Cara Membuat Bolu Kukus Sprite :

  1. Siapkan wadah bersih kemudian masukan bahan layaknya gula pasir, telur dan emulsifier. Kocok memakai mixer bersama dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi kaku dan kental. Pengadukan ini dapat memakan pas lebih kurang 10 hingga 15 menit.
  2. Tambahkanlah bahan kering sambil di ayak yaitu tepung terigu dan juga baking powder. Aduk kembali hingga menyatu.
  3. Masukan vanili essens dan aduk-aduk.
  4. Tuangkan sprite dan aduk perlahan memakai mixer bersama dengan kecepatan rendah. Kocoklah selama kurang lebih 2 menit kemudian disisihkan terlebih dahulu.
  5. Bagi adonan menjadi beberapa anggota yang disesuaikan bersama dengan banyaknya pewarna makanan yang Bunda gunakan.
  6. Tambahkan pewarna terhadap tiap-tiap anggota dan aduk rata.
  7. Panaskanlah kukusan dengan menggunakan api yang sedang saja kemudian siapkan juga loyang bolu kukus yang berbentuk cup yang sudah diberi alas bersama dengan kertas cup.
  8. Tuang tiap-tiap adonan didalam satu cup hingga ¾ penuh. Lakukan hingga semua adonan habis dan disisihkan.
  9. Kukus adonan bolu kukus hingga masak lebih kurang 10 hingga 15 menit. Angkatlah dan bolu kukus mekar dan siap untuk dihidangkan.

Tips :

Untuk sebabkan kue bolu kukus sprite Bunda sanggup mekar bersama dengan sempurna. Ada hal yang harus Bunda perhatikan. Misalnya pastikan bahwa kukusan sudahlah cukup panas ketika hendak memasukkan adonan bolu kukus.

Selain dari pada itu, pastikan bahwa tutup kukusan sudah bunda bunda lapisi dengan menggunakan serbet yang bersih sehingga uap airnya tidak akan menetes kedalam adonan kue.

Resep Bolu Kukus Santan

Bunda sudah pada buat bolu kukus santan belum? Sepertinya baru kali ini dapat makan bolu yummy dan teksturnya juga lembut banget nget nget mirip sama marsmellow. Baunya juga wangi santan. Wajib dicoba ya bunda. Ini resep bolu kukus santan yang oke banget .

Resep Bolu Kukus Santan

Bahan Membuat Bolu Kukus Santan :

  • Gula pasir 1 gelas blimbing
  • Terigu 1 gelas blimbing
  • 4 butir telur
  • TBM/SP/OVALET 1 sdt
  • Vanili 1 sdt
  • Sejumput garam
  • 1 bungkus santan kara kecil

Cara Membuat Bolu Kukus Santan :

  1. Mixerlah telur, TBM dan juga gula pasir sampai menjadi mengental berwarna putih ± 10 menit.
  2. Kemudian masukanlah terigu, vanili dan juga sejumput garam (biar gurih). Aduklah rata pakai spatula saja.
  3. Terakhir masukan santan aduk rata.
  4. Kemudian masukkan kedalam cetakan (cetakan apa aja boleh) yang sudah diolesi mentega.
  5. Kukus selama 30 menit

Untuk yang sering gagal saat membuat bolu kukus santan bisa dicoba terus menerus. Sambil bunda belajar dimana letak kesalahannya nanti lama – lama  akan menjadi pinter sendiri. Saya pun juga begitu pada awalnya. Mungkin ada yang bertanya mengapa warna kunignya kok bagus, warnanya kuning dikarenakan dari telur dan gak pakai pewarna.

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep bolu kukus pelangi bersama bahan dan cara yang gampang dipraktikkan cocok jadi cemilan buah hati sepanjang di rumah.

Resep Bolu Kukus Pelangi

Disarankan manfaatkan pewarna makanan yang cerah supaya bisa menarik dan untuk pemanisnya bisa disesuaikan selera.

Bahan Membuat Bolu Kukus Pelangi :

  • 2 butir telur utuh besar
  • 200 grm terigu kunci
  • 175 grm gula pasir
  • 1/2 sdt SP
  • 140cc sprite
  • 1/4 sdt vanilli
  • Pewarna dan perasa makanan

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi :

  1. Mixer gula dan telur hingga mengembang
  2. Masukan vanilli, sprite dan tepung secara bergantian
  3. Setelah terkocok rata selanjutnya masukan SP
  4. Mixer ulang sepanjang 5 menit
  5. Bagi adonan jadi 6 beri pewarna dan perasa cocok selera
  6. Masukan ke dalam mangkuk kertas bolu kukus hingga menjadi penuh
  7. Lalu kukus hingga masak sepanjang 10-15 menit atau terkait besar kecilnya mangkuk
  8. Angkat adonan yang sudah matang, dan ademkan selanjutnya bisa disantap.
  9. Warna warni terhadap adonan bolu kukus ini menarik perhatian anak-anak jadi sangat cocok diberikan sebagai cemilan buah hati dan sebagai rekan makan waktu santai.

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

Nah bagaimana supaya bolu kukus mekar sempurna dan nggak bau amis? Ternyata pemakaian bahan dan cara pembuatannya sebetulnya memerlukan sedikit tehnik khusus. Simak tips-tips tersebut untuk sebabkan kue bolu kukus yang mekar dan harum.

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar 1

Bahan Membuat Bolu Kukus Mekar :

  • 250 gram tepung terigu serba guna (saya memanfaatkan Segitiga Biru)
  • 200 ml susu cair (saya memanfaatkan susu cair Indomilk)
  • 3 butir telur, suhu ruang
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanila ekstrak atau setengah sendok teh bubuk vanili
  • 15 gram emulsifier (bisa memanfaatkan Ovalet atau SP)
  • 1 sendok teh pasta coklat (saya memanfaatkan pasta Black Forest)

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar :

  1. Siapkan cetakan aluminium dan kertus cup untuk sebabkan bolu kukus. Ukuran kertas cup wajib serupa tinggi bersama dengan cetakan. Kalau kertas cup terlalu tinggi, bolu sanggup gagal mekar.
  2. Panaskan dandang bersama dengan air secukupnya. Jangan sampai kelupaan airnya sampai menyentuh saringan ya bun. Kalau air sampai menyentuh dasar kue, sanggup sebabkan bagian bawah bolu jadi bantat.
  3. Siapkanlah wadah, kemudian masukkanlah tepung, susu cair, emulsifier (pelembut kue), gula pasir, telur dan vanili. Susu cair dan juga telur dikocok secara terpisah sebelum semua dimasukkan bersama dengan bahan lainnya.
  4. Mixer adonan bersama dengan menggunakan kecepatan yang rendah sampai menjadi tercampur rata, sesudah itu ganti jadi kecepatan tinggi sampai adonan mengembang, kental dan berwana putih.
  5. Ambil Separuh adonan dan tempatkan di wadah terpisah. Beri pewarna coklat atau pewarna lainnya, lalu aduk sampai rata bersama dengan tingkat warna yang sesuai permohonan bunda.
  6. tuangkanlah adonan warna putih kedalam cetakan yang sudah diberikan paper cup sampai menjadi agak penuh, sesudah itu disempurnakan adonan yang sudah diberi pewarna. Agar bisa mekar, pastikanlah cetakan diisi dengan adonan sampai menjadi penuh ya bun.
  7. Masukkanlah cetakan yang sudah diisi dengan adonan kedalam dandang yang telah dipanaskan tadi. Pastikanlah dandang sudah panas agar supaya bolu masak dan mekar bersama dengan sempurna. Alasi permukaan dandang bersama dengan kain bersih yang sanggup menyerap air sebelum ditutup bersama dengan penutup dandang dan jangan membuka penutup dandang sepanjang kue dikukus. Kukus bersama dengan api besar sepanjang 15 menit. Sesudah menjadi matang, kemudian keluarkan bolu kukus dari dandang dan juga cetakan.

Resep Bolu Kukus Loyang

Jikalau kebetulan mempunyai waktu yang cukup senggang di rumah, alangkah lebih baiknya jikalau mencoba mengolah bolu kukus sendiri untuk keluarga. Salah satu resep termudah adalah mengolah bolu kukus loyang yang walaupun mengpergunakan loyang tetapi tidak butuh oven. Hasilnya empuk, lembut dan ngeprul di mulut. Yuk coba!

Resep Bolu Kukus Loyang

Bahan Membuat Bolu Kukus Loyang

  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 gelas santan
  • 3 butir telur
  • 1 sdm tbm/sp
  • 1 sdm minyak sayur
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat Bolu Kukus Loyang

  1. Masukkan telur, gula dan tbm/sp ke dalam wadah. Kocok bersama dengan mixer kecepatan tinggi sampai putih berjejak.
  2. Masukkan pewarna makanan dan minyak, aduk sebentar. Masukkan terigu sedikit demi sedikit aduk lagi, mengfungsikan kecepatan sedang saja. Jangan terlalu lama.
  3. Panaskan kukusan besar. Siapkanlah loyang kemudian olesi dengan margarin, alasi kertas roti di dasarnya. Tuang adonan dan kemudian ratakan.
  4. Kukus selama 20-30 menit. Jangan lupa balut tutup kukusan bersama dengan kain supaya tidak ada uap yang menetes.
  5. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari loyang.

Cara Membuat Bolu Kukus Chocolatos

Bolu Kukus Chocolatos  super enteng dan enak. Soalnya salah satu alasan yang membuat resep bolu kukus tanpa mixer yang kita buat nanti bantat adalah gara-gara over di dalam mengkombinasikan bahan.

Cara Membuat Bolu Kukus Chocolatos

Bahan Bolu Kukus Chocolatos

  • Persiapkan 3 butir telur.
  • Sediakan 6 SDM gula pasir.
  • Siapkan 1 sdt SP.
  • Sediakan 2 Bks chocolatos bubuk.
  • Siapkan 3 sct SKM coklat.
  • Siapkan 6 SDM tepung terigu.
  • Persiapkan 1/4 sdt soda kue.
  • Ambil 6 SDM mentega cair.
  • Ambil 1/4 sdt garam.

Cara Membuat Bolu Kukus Chocolatos

  1. Panaskan dandang dan tutup dandang yang udah di alasi kain..
  2. Lelehkan margarin jgn hingga mendidih dan biarkan hingga dingin..
  3. Ayak tepung terigu, garam dan soda kue.
  4. Kocoklah telur, gula dan juga sp sehingga menjadi kental berjejak..
  5. Masukkanlah chocolatos bubuk dan juga SKM coklat kemudian aduk sampai merata..
  6. Lalu masukkan tepung yang udah di ayak bersama dengan garam dan soda kue, selanjutnya margarin leleh aduk memanfaatkan spatula bersama dengan 1 arah hingga tercampur rata..
  7. Olesi loyang dengan menggunakan margarin dan juga di alasi dengan kertas roti. Kukuslah sepanjang 30 menit.
  8. Apabila sudah selama 30 menit cek tingkat kematangannya dan cek dengan menggunakan tusuk lidi, jikalau tidak ada yang menempel artinya kue bolu sudah masak dan lalu dinginkan, selanjutnya berikan topping pada kue bolu sesuai dengan selera.

Tinggalkan komentar