Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat

Menghilangkan Jerawat
Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat, Jerawat adalah masalah kulit yang bisa terjadi pada wanita atau lelaki, bakteri penyebab jerawat bisa terjadi karena kita memegang muka atau bagian tubuh dengan tangan yang sedang dalam kondisi kotor, saat sudah berjerawat maka banyak yang mencari cara mengatasi jerawat mungkin diantaranya dengan menghindari makanan yang menyebabkan jerawat.

Gejala jerawat mulai menghinggapi sesorang biasanya timbul benjolan kecil yang muncu di kulit entah wajah atau badan sehingga membuatnya mencari cara menghilangkan jerawat, artikel berikut ini akan membahas tuntas tengah semua yang berhungan denga jerawat

Penyebab Jerawat

Kulit kita mempunyai lubang kecil bernama pori- pori ataupun folikel. Pori- pori ini bisa tersumbat minyak, kuman, sel kulit mati, serta kotoran. Dikala pori- pori tersumbat, jerawat dapat timbul di kulit. Apabila keadaan tersebut kesekian, seorang dikatakan jerawatan.

Jerawat umumnya timbul di wajah, dahi, dada, punggung atas, serta bahu. Mengutip Mayo Clinic, jerawat sesungguhnya tidak beresiko untuk kesehatan. Akan Tetapi, permasalahan kulit ini sangat bisa mengganggu penampilan, mempengaruhi harga diri, hingga dapat menimbulkan tekanan emosional

Jerawat yang timbul di wajah bisa saja ikut mempengaruhi harga diri disebabkan bisa memunculkan sisa luka ataupun juga jaringan parut permanen. Berikut ini apa saja yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di sejumah bagian tubuh kita:

1. Penciptaan minyak berlebih
Kulit kita sudah dirancang lengkap bersama kelenjar minyak. Kelenjar kecil ini bisa berada di dekat permukaan kulit serta akan melekat pada folikel. Mengutip dari NHS, kelenjar minyak ini bertugas untuk menjadi pelumas bagi rambut serta kulit supaya tidak menjadi kering.

Kelenjar ini akan menciptakan minyak bernama sebum. Pada orang yang rentan berjerawat, kelenjar minyak dapat memproduksi begitu banyak sebum. Sebum ini dapat saja bercampur dengan sel kulit yang sudah mati serta dapat menutup pori- pori. Apabila pori- pori tersumbat, folikel ini bisa menonjol keluar, serta akan menghasilkan komedo.

Kuman kuman yang hidup di dekat kulit kemudian akan menginfeksi folikel ataupun juga pori- pori yang tersumbat, dan akan dapat merangsang tumbuhnya jerawat.

2. Hormon testosteron
Pemicu jerawat pada anak muda biasanya terpaut kenaikan hormon testosteron. Sepanjang masa pubertas, hormon testosteron bertambah. Hormon testosteron berfungsi dalam memicu perkembangan perlengkapan kelamin pada pria dan melindungi kekuatan otot serta tulang pada wanita.

Kelenjar minyak dikala sensitif terhadap pergantian hormon. Walhasil dikala kandungan testosteron melonjak, kelenjar minyak ikut memproduksi lebih banyak sebum ataupun minyak.

3. Faktor Keturunan
Pemicu timbulnya jerawat pula dapat dipengaruhi faktor keturunan. Bila orangtua ataupun anggota keluarga lain cenderung jerawatan, terdapat mungkin seorang pula cenderung rentan berjerawat.

Salah satu riset mengatakan, bila kedua orangtua seorang berjerawat, besar mungkin seorang pula hendak berjerawat.

4. Perubahan hormon pada wanita
Jerawat pada orang dewasa akan lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Kondisi tersebut karena dipengaruhi oleh perubahan hormon yang dialami wanita.

Wanita akan mengalami perubahan hormon sesaat sebelum ataupun ketika sedang menstruasi dan juga hamil. Selain dari itu, perubahan hormon pada wanita juga bisa terkait dengan penyakit sindrom ovarium polikistik (PCOS).

5. Tidak sesuai product kosmetik dan skincare
Beberapa orang termasuk dapat mengalami jerawat sebab product kosmetik dan perawatan kulit (skincare). Sejumlah product kosmetik dan juga skincare memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat saja menyumbat pori atau memicu alergi.

Pemilik kulit yang rentan terhadap jerawat harus lebih detail untuk menentukan kosmetik dan skincare. Pastikan bahwa hanya akan mengfungsikan product yang nonkomedogenik atau tidak menyumbat pori-pori.

6. Efek samping sejumlah obat-obatan
Penggunaan obat-obatan tertentu menyebabkan dampak samping terhadap tubuh, terhitung kulit.

Obat-obatan seperti tipe steorid, lithium, dan obat untuk menanggulangi gangguan kesegaran mental bisa membawa dampak jerawat. Hindari teledor menghentikan pengobatan. Konsultasikan bersama dengan dokter untuk mencari obat pengganti yang minim dampak samping.

7. Penggunaan barang tertentu

Penggunaan barang tertentu yang menghimpit daerah kulit bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Beberapa barang yang bisa membawa dampak jerawat di antaranya topi, kuncir kepala, masker, sampai ransel.

Jerawat ringan yang keluar sesekali kebanyakan bisa diatasi menggunakan produk perawatan kulit yang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, pada kasus jerawat yang membandel, langkah menghalau jerawat akan sangat membutuhkan perawatan medis secara khusus.

Bakteri Penyebab Jerawat

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah bakteri. Dikutip dari Medical News Today, kulit manusia yang berpori, mengakses ke kelenjar minyak di bawah kulit. Folikel berperan untuk menghubungkan kelenjar ke pori-pori. Folikel sendiri adalah kantung kecil yang dapat menghasilkan dan mengeluarkan cairan.

Kelenjar menghasilkan cairan berminyak yang disebut sebum. Sebum mempunyai sel kulit mati melalui folikel ke permukaan kulit. Kemudian sebuah rambut kecil yang tumbuh melalui folikel dari kulit. Apabila folikel ini tersumbat dan minyak menumpuk dibawah kulit, maka akan dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Sel kulit serta sebum, dan juga rambut akan dapat menggumpal menjadi satu bagian. Sumbat ini dapat terinfeksi oleh bakteri, dan juga dapat menyebabkan pembengkakan. Jerawat pun menjadi berkembang pada saat sumbat menjadi rusak.

Propionibacterium acnes (P. acnes) ialah nama bakteri yang menjadi penyebab jerawat yang hidup di kulit dan berkontribusi terhadap infeksi jerawat di kulit manusia. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keparahan dan frekuensi jerawat terkait terhadap strain bakteri. Namun, tidak seluruh bakteri jerawat menyebabkan munculnya jerawat.

Propionibacterium acnes
Dilansir dari web site dermnetnz.org, bakteri berkontribusi terhadap lesi inflamasi terhadap jerawat, biarpun jerawat bukanlah penyakit menular. Pada saat pubertas, jumlah bakteri pada permukaan kulit akan meningkat. Bakteri itu diantara lain:

 • Cutibacterium acnes (C. acnes, dikenal termasuk sebagai Propionibacterium acnes)
• Corynebacterium granulosum ( yang juga dikenal sebagai Cutibacterium acnes dan juga secara resmi sudah dikenal sebagai Propionibacterium granulosum )
• Staphylococcus epidermidis (staphylococcus negatif koagulase).

Namun, tingkat keparahan jerawat seseorang tidak terkait terhadap jumlah bakteri di permukaan kulit atau di saluran sebaceous (saluran keluar dari kelenjar minyak). Jumlah dan kesibukan bakteri C. acnes banyak ragam sesuai bersama dengan suplai oksigen, suplai nutrisi dan tingkat pH kulit. Beberapa lesi jerawat yang dikolonisasi oleh bakteri penyebab jerawat ini dan lainnya tidak.

Bakteri penyebab jerawat ini dapat menghasilkan enzim aktif dan mediator inflamasi bawaan dan ini dapat berkontribusi terhadap kesibukan jerawat terhadap lebih dari satu pasien. Aktivasi menyebabkan ekspresi gen respon imun. Mediator inflamasi yang terdeteksi terhadap lesi jerawat yang terinfeksi oleh C. acnes meliputi:

  •  Lipase (enzim yang memecah dalam lemak)
  •  Protease (enzim yang memecah protein)
  •  Hyaluronate lyase ( enzim yang tugasnya memecah substansi dasar kulit )
  •  Fosfatase (enzim yang memecah fosfat)
  •  Zat kontraksi otot polos
  • Sitokin, seperti IL-12 dan IL-8, dan juga defensin (ini ialah pembawa pesan kimiawi).

Lipase dapat membuat perubahan trigliserida di dalam sebum menjadi asam lemak bebas. Asam lemak bebas menaikkan penggumpalan bakteri di saluran sebaceous, dan bersama dengan demikian kolonisasi terhadap saluran menciptakan lebih banyak bakteri. Menjadi mediator inflamasi yang dipicu oleh bakteri akan menembus kulit di sekitarnya dan bisa menjadi penyebab peradangan.

Gejala Jerawat

Gejala jerawat banyak ragamnya dan tergantung juga terhadap tingkat keparahan keadaan kulit.

  • Beberapa tanda-tanda yang lazim meliputi:
  • Komedo putih yang sanggup menutup pori-pori yang tersumbat.
  • Komedo hitam yang sanggup mengakibatkan pori-pori terbuka.
  • Benjolan kecil merah dan nyeri pas disentuh.
  • Benjolan besar, padat, dan nyeri yang nampak di bawah permukaan kulit.
  • Benjolan yang menyakitkan dan berisi nanah di bawah permukaan kulit.

Makanan yang Menyebabkan Jerawat

1. Makanan Cepat Saji
Produk makanan cepat saji menjadi hal pertama yang masuk ke didalam makanan yang mengakibatkan jerawat dan harus anda hindari. Pasalnya, makanan cepat saji layaknya ayam goreng, kentang goreng, sampai sosis dan burger punya takaran lemak jenuh yang tinggi serta takaran yang belum terjamin kualitas serta kesehatannya.

2. Susu dan Produk Olahan Susu
Makanan yang mengakibatkan jerawat selanjutnya adalah susu serta product olahan lainnya yang terbuat berasal dari susu. Meskipun punya tinggi vitamin dan berperan sebagai sumber kalsium bagi tubuh, susu dan olahan lainnya layaknya keju, yogurt, sampai es krim dinilai sanggup meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 yang sanggup mengakibatkan timbulnya jerawat pada kulit.

3. Makanan Tinggi Lemak Trans dan Omega-6
Makanan yang mengakibatkan jerawat yang harus anda menghindari selanjutnya adalah makanan dengan takaran asam lemak dan omega-6 yang tinggi. Karena, tidak seimbangnya asam lemak omega-6 dengan omega-3 sanggup mengakibatkan peradangan pada tubuh supaya menghidupkan jerawat di kulit.

4. Makanan yang Sensitif di Kulit
Terkadang, beberapa makanan punya reaksi peka layaknya timbulnya jerawat pada orang-orang tertentu. Biasanya, reaksi peka ini muncul akibat sistem kekebalan tubuh kami yang tidak mengetahui makanan dan menganggapnya sebagai ‘ancaman’ bagi tubuh. Tubuh sesudah itu akan mengakibatkan reaksi peradangan yang selanjutnya sanggup menghidupkan jerawat.

5. Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Olahan
Makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan juga ke didalam makanan yang punya kandungan indeks glikemik tinggi yang sanggup mengakibatkan jerawat. Hal ini dikarenakan makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan layaknya nasi putih, pasta, mie instan atau minuman bersoda dinilai sanggup mengakibatkan peradangan pada tubuh dan memproses minyak berlebih yang selanjutnya mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah dan tubuh.

Cara Mencegah Jerawat

Cara Mencegah Jerawat bersama Perawatan Kulit yang Tepat
1. Bersihkan muka secara rutin
2. Gunakan pelembap
3. Gunakan tabir surya
4. Batasi pemakaian make up
5. Jangan menyentuh wajah
6. Batasi mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori
7. Lakukan olahraga secara rutin
8. Perbanyak mengonsumsi air putih

Cara Menghilangkan Jerawat

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara menyingkirkan jerawat secara alami.

1. Putih Telur
Putih telur punya kandungan enzim lysozyme yang terlampau ampuh untuk dipergunakan sebagai bahan untuk menyingkirkan jerawat.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya membawa kandungan polifenol yang bisa berperan sebagai pembasmi jerawat terhadap kulit. Jika anda mau rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini akan bisa menyingkirkan jerawat secara menyeluruh.

3. Bawang Putih
Bawang putih punya kandungan zat sulfur yang dipercaya bisa menyingkirkan jerawat secara cepat.

4. Air Perasan Lemon
Buah lemon punya kandungan asam askorbat yang tinggi memadai ampuh untuk menopang menyingkirkan jerawat membandel.

5. Mentimun
Mentimun yang punya kandungan antioksidan tinggi, vitamin, dan terhitung asam amino didalamnya. Kandungan-kandungan ini bisa terhitung digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami.

6. Madu
Sudah banyak yang memahami khasiat baik yang terkandung di dalam madu, bahan alami yang ternyata bisa dipergunakan sebagai sarana penghilang jerawat

7. Cuka Apel
Cuka apel punyai kandungan antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

8. Tomat
Tomat punya kandungan vitamin A dan vitamin C yang bisa menyingkirkan jerawat secara alami.

9. Pepaya
Pepaya punya kandungan enzim papain yang bisa mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat.

10. Alpukat
Alpukat punyai kandungan vitamin E yang bisa mengurangi peradangan terhadap kulit yang berjerawat.

Obat Jerawat di Apotik

Obat Jerawat Paling Ampuh di Apotek
1. Verile Acne Gel
2. Vitacid 0,025% Tretinoin Cream.
3. Acnol Lotion.
4. Medi-Klin TR.
5. Acnes Sealing Jell.
6. Benzolac – CL
7. Erha Acne Spot Gel
Acne Feldin Lotion

Obat Jerawat Alami

Berikut ini ialah pilihan obat jerawat alami yang dapat digunakan di rumah.
1. Air perasan lemon.
2. Madu murni
3. Es batu.
4. Bawang putih.
5. Baking soda.
6. Timun.
7. Lidah buaya.
8. Cuka apel.

Doa Menghilangkan Jerawat

Jikalau karena ditakdirkan berjerawat akan bisa membuat tidak percaya diri ataupun juga depresi, maka percayalah bahwa Allah tidak akan menurunkan sebuah penyakit kecuali Allah juga telah menurunkan obatnya. Di sebutkan di dalam sebuah hadits shahih riwayat Imam Bukhari, bahwanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Jika telah minum obat atau mengikuti saran dokter namun jerawat tersebut belum juga sembuh, masih adakah jalan lain yang bisa menyembuhkan? Dalam sebuah hadis disebutkan bahwasanya Maryam binti Iyas yang telah meriwayatkan dari sebagian istri Nabi bahwa Nabi pernah bertanya “Apakah engkau mempunyai bedak?” kemudian ia menjawab, “Ya.” Beliau lalu derdoa seraya meletakkan bedak tersebut di atas jerawat atau bisul kecil

اللهم مطفئ الكبير ومكبر الصغير أطفئها عني

Allahumma muthfi’al kabir wa mukbira shaghiri athfi’ha anni

Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan ayng kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku (HR An Nasa’i)

Doa diatas bisa dijadikan dzikir untuk siapa saja yang saat ini masih mempunyai masalah dengan jerawat ataupun masalah kulit yang lainnya. Penyakit yang datang itu ialah utusan Allah yang di kirim terkhusus untuk kita. Dengan demikian jika kita mau mendapatkan kesembuhan atau ingin doa mujarab yang dapat menyembuhkan, maka jangan ragu untuk meminta kepada Allah SWT yang sudah mengirimkan masalah itu. Semoga kiranya doa diatas akan mampu membantu siapa saja yang pada saat ini sedang berjerawat yang tidak kunjung berkesudahan ataupun juga menderita penyakit kulit lainnya. Amin

Di antara yang sudah ditulis di atas semoga bisa dijadikan panduan dalam mengatasi jerawat dan tentu agar lebih lebih berhati hati dengan makanan yang akan mamicu datangnya lagi si jerawat.

Tinggalkan komentar